Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia Kabupaten Tasikmalaya Menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru


Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia Kabupaten Tasikmalaya
Menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru



Pada hari Sabtu bertepatan dengan tanggal 13 September 2019, Pengurus Daerah Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia (PGM) Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan workshop peningkatan kompetensi guru madrasah dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya untuk semua jenjang madrasah.

Kegiatan yang dipandu oleh pembawa acara Pembawa acara Hj. Iis Nurhayati, M.Pd ini diawali dengan pembacaan ayat suci al-Quran oleh H. Dede Mahmudin, M.Pd. dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta  mars madrasah yang di pandu oleh Enok Yeni, M.Pd.


Dalam laporannya selaku ketua panitia H. Syarifudin M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tuntutan zaman dimana kemajuan teknologi menuntut guru harus mampu menguasainya, sehingga  guru madrasah benar-benar mampu berperan dalam pembangunan melalui pendidikan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya dalam rangka memujudkan guru madrasah yang memiliki kemamampuan menguasai Penilaian Kinerja Guru (PKG), Sasaran Kerja Pegawai (SKP), dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang diikuti oleh sebanyak 260 guru madrasah utusan DPC se-Kabupaten Tasikmalaya dengan  biaya dari bantuan pemerintah kab. Tasikmalaya.


KH. Atam Rustam, M.Si., Selaku Ketua PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal antara lain bahwa peserta didik madrasah saat ini telah banyak berubah sikap, nilai karakter yang berkurang, yang sebabkan oleh ada faham yang diterima dari berbagai media yang mudah diakses oleh karena itu beliau berpesan agar guru bisa memberikan informasi yang benar agar peserta didik tidak terpengaruh oleh faham yang salah. Selain itu belaiu berpesan agar guru dalam memberikan saran dan kritik kepada pihak yang berwenang harus dilakukan dengan cara-cara yang santun dan elegan.


Kegiatan ini dibuka oleh kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya yang diwakili oleh kasi penmad yaitu Drs. H. Harun Harosid, M.Pd. yang sekaligus menyampaikan materi tentang kebijakan kementerian agama kab. Tasikmalaya. Beliau juga berpesan bahwa para guru harus memposisikan diri dalam tempat yang benar agar selalu mendapatkan keuntungan dalam hidupnya. Dan akhiryna acara pembukaan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Drs. H. Ade Yuyu Sofiyudin, M.Si.


Selanjutnya acara diisi dengan pelatihan kompetensi guru dengan pembicara Drs. Rusman Faoz, M.M.Pd. yang menyampaikan materi tentang PKG dan SKP dan dilanjutkan oleh Dr. H. Zaki Mubarak, M.Si., M.Pd. yang menyajikan materi KTI yang disambut sangat antusias oleh para peserta Workshop.


Kegiatan ini ditutup Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya yaitu Drs. H Usep Saeful Muhtar, M.Pd. dalam arahanya beliau berpesan agar kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus berlanjut, dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kinerja guru yang profesional. Selain itu, beliau berpesan bahwa kegiatan ini harus di implementasinya dalam melaksanakan tugas guru. Dalam akhir sambutannya beliau juga berpesan kepada para guru bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan guru yaitu: guru harus punya kepribadian yang baik, guru harus pintar dan cerdas serta guru harus memiliki wawasan dan keterampilan dan harus bisa mengasah kemampuan.


Kontibutor: Irfan, Iwan, Agus

Yang membutuhkan materi workshop bisa di unduh DISINI

Video kegiatan ini bisa dilihat di beberapa link di bawah ini.
Penutupan: https://youtu.be/crYCbVI9OFM

Video lengkap bisa di lihat di sini https://youtu.be/P4vDTYQcyLw

foto Kegiatan tambahan juga bisa di unduh DISINI
  













































Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia Kabupaten Tasikmalaya Menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru"