Rapat Kerja Daerah IV DPD PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya



Bertempat di Pendopo baru Kabupaten Tasikmalaya, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia Kabupaten Tasikmalaya menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) ke IV dengan tema Optimalisasi Fungsi PGM dalam Mewujudkan Peran Guru Madrasah yang Bermartabat. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Desember 2019 dihadiri oleh seluruh pengurus DPD PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya beserta tiga orang utusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) se-Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Ustad Mahmudin, M.Pd.I. 

Dalam laporannya ketua panitia pelaksana, H. Syarifudin, M.Si. menyampaikan bahwa PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya terus berbenah untuk mengupayakan madrasah hebat bermartabat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturahmi dan merancang program kerja satu tahun kedepan sesuai amat dari AD/ART DPD PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya. Biaya pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil dari urunan bersama seluruh anggota dan bantuan pihak-pihak yang peduli terhadap keberadaan PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya, demikian pungkas Syarifudin dalam laporannya. 



Ucapan terima kasih pada Bupati Kabupaten Tasikmalaya H. Ade Sugianto yang sudah membantu menyediakan sarana kegiatan ini disampaikan oleh ketua DPD PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya Drs. KH. Atam Rustam, M.Si., namun beliau menyayangkan karena Bupati tidak bisa menghadiri kegiatan secara langsung. Guru madrasah semua jenjang yang berjumlah sekitar 9000 an orang belum semuanya terakomodir untuk mendapatkan kesejahteraan, oleh karena itu melalui PGM Indonesia KH. Atam meminta Bupati untuk memberikan perhatian kepada guru madrasah.  
Selain itu Ketua DPD PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya memberikan  arahan kepada seluruh anggota agar jangan sampai terpapar paham radikalisme, oleh karena itu program kerja yang nanti akan dirumuskan harus mengkaper karakter guru dan jangan muluk-muluk agar bisa terealisasi dengan baik satu tahun kedepan.



Dalam Sambutannya ketua wilayah PGM Indonesia Propinsi Jawa Barat yang diwakili oleh ketua umum DPD PGM Indonesia Kota Tasikmalaya yaitu Arizal Asy’ari, berharap agar RAKERDA ini dapat berkontribusi positif untuk kemajuan Indonesia, selain itu Asy’ari mendorong agar Pemda Kabupaten Tasikmalaya peduli terhadap madrasah dan harus memperhatikan guru madrasah dengan memberikan semacam tunjangan seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa pemerintah daerah yaitu Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut. 



Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd., juga berharap RAKERDA ini memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan madrasah khususnya di Kabupaten Tasikmalaya. Dan terkait radikalisme, beliau menyampaikan bahwa Menteri Agama tidak ingin Kemenag terpapar radikalisme sehingga berbagai upaya dilakukan agar faham ini tidak menyebar luas khusunya di Kementerian Agama. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa ada tiga fungsi RAKERDA yaitu sebagai evaluasi program tahun lalu, mendiskusikan AD/ART untuk mengukur ketercapaian program dan untuk membahas program kerja tahun yang akan datang, demikian beliau sampaikan dalam sambutannya.



Bupati Kabupaten Tasikmalaya melalui Kabag Kesra menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidakhadirannya dalam acara RAKERDA PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya, karena bentrok dengan kegiatan lain yaitu harus mengikuti Rapat Kerja Pembangunan Nasional di istana negara Jakarta. Namun beliau menyampaikan bahwa Bupati sangat respek terhadap kegiatan pendidikan, dan beliau berharap RAKERDA ini menghasilkan suatu rekomendasi yang langsung dapat dieksekusi melalui sekretariat daerah, agar kegiatan yang memerlukan anggaran bisa direncanakan dengan matang sesuai dengan aturan yang berlaku.



Dalam RAKERDA ini dihasilkan beberapa program yang akan dilakasanakan satu tahun kedepan yaitu memperbaiki data base anggota sehingga seluruh guru madrasah dapat memiliki KTA, selain itu penyuluhan dan pendampingan hukum kepada guru-guru madrasah terkait dengan pekerjaan atau keprofesian di lingkungan kerja harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan

Program yang lainnya yaitu menyebarkan informasi terkait PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya secara masif kepada anggota dengan membuat dan mengoptimalkan website, selanjutnya  mengadakan studi komparasi kepengurusan PGM dengan daerah-daerah lain, optimalisasi pembuatan KTA berbayar untuk setiap anggota, mengoptimalisasi iuran anggota tiga bulan sekali, public speaking for teacher, dan menggelar seminar madrasah ramah untuk anak dan penyelenggaraan porseni yang hanya dilaksanakan dua tahun sekali.

Kontributor: Agus Nana Nuryana





















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rapat Kerja Daerah IV DPD PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya"

Post a Comment